SAFETY FIRST

 

Departemen Teknik Kimia sebagai bagian dari Universitas Diponegoro juga berkomitmen untuk menyediakan lingkungan kerja laboratorium yang aman bagi seluruh dosen, karyawan, mahasiswa maupun tamu. Tujuan dari Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dari Departemen adalah meminimalkan resiko cedera atau penyakit pada pekerja laboratorium dengan menjamin adanya pelatihan, informasi, dukungan dan peralatan yang diperlukan untuk bekerja secara aman di laboratorium.
Tiga unsur pokok dalam Program K3 di laboratorium adalah:
• Program K3 Departemen yang dipimpin oleh Koordinator K3
• Dukungan dan pelatihan K3 di laboratorium oleh Tim K3
• Penjelasan dan pengawasan oleh pembimbing penelitian atau peneliti utama.
Semua orang yang bekerja di laboratorium termasuk dosen, karyawan dan mahasiswa diharuskan mengikuti pelatihan keselamatan laboratorium yang diselenggarakan oleh Tim K3. Pelatihan ini memberikan penjelasan tetang prinsip-prinsip dasar keselamatan kerja di laboratorium, referensi dan sumber untuk informasi khusus serta rincian tentang program-program pendukung seperti prosedur pemusnahan bahan beracun dan berbahaya (B3). Penjelasan tambahan diberikan oleh dosen pembimbing atau peneliti utama tentang praktek kerja yang aman untuk bahan-bahan atau peralatan khusus.
Tim K3 menyediakan pelatihan, sumber daya, dan konsultasi untuk berbagai masalah keselamatan laboratorium termasuk keselamatan bahan kimia, keselamatan listrik dan masalah lain. Laman K3 menyediakan berbagai informasi tentang berbagai aspek keselamatan laboratorium.

– Rencana Kesehatan dan Keselamatan Kerja (Safety Plan)

– Struktur Organisasi Unit Tanggap Darurat Teknik Kimia

– Dokumen K3 wajib untuk mahasiswa yang akan melaksanakan Penelitian

– Materi Pengenalan K3