Semarang (10/9/2020) – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro kembali menggelar konferensi internasional bertajuk International Conference on Indonesian Social & Political Enquiries (ICISPE) yang mempresentasikan 100 paper karya ilmiah kajian sosial politik. ICISPE 2020 dilaksanakan pada tanggal 9-10 September 2020 secara daring melalui Zoom dan live streaming di kanal youtube Undip TV official.

Pada tahun penyelenggaraannya yang kelima, ICISPE 2020 mengangkat tema “Shaping the Future: Empowering Indonesian Human Resource for Better Quality and Competitiveness”. Acara dibagi dalam dua rangkaian acara dengan dua agenda utama, pertama paparan umum oleh para ahli untuk membahas tentang tema utama konferensi dan kedua diskusi panel sebagai acara sosialisasi untuk membahas tentang pikiran konseptual dan hasil penelitian dari kerangka kerja.

Konferensi ini dibentuk dengan semangat demi pembangunan ilmu multidisiplin dan inklusif, tidak hanya bagi para akademisi untuk meninjau fenomena dan masalah sosial dan politik, tetapi juga untuk membuka peluang secara luas bagi setiap pemangku kepentingan di bidang akademik maupun praktis.

“Tujuan ICISPE tidak hanya untuk menciptakan kesempatan bagi para akademisi untuk melakukan penelitian tentang fenomena dan isu-isu kontemporer, tetapi juga menjadi ruang diskusi di antara para pemangku kepentingan yang ke depannya diharapkan dapat memberi tips pada pembentukan kebijakan sebagai bentuk nyata solusi untuk masalah sosial di masyarakat kita,” jelas Robetmi Jumpakita, Ketua Panitia ICISPE 2020 yang juga Dosen Prodi Administrasi Bisnis.

Sebanyak 100 presenter dan total ada 150 peserta yang mengikuti sesi diskusi paralel dan juga sesi pemaparan hasil riset dan kajian ilmiah penelitian sosial. Konferensi internasional ini menghadirkan keynote speakers yakni John Burgess, MA, MEc, Ph.D (Professor of Human Resource Management in the School of Management, RMIT University, Australia.

4 plenary session speakers terdiri dari Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin., Ph.D. (Universitas Diponegoro), Prof. Leonard C. Sebastian (Nanyang Technological University, Singapore), Prof. Day-Yang Liu (National Taiwan University of Science and Technology) dan Prof. Ward Berenschot (University of Amsterdam, Netherlands)