Program Studi Sarjana (S1)

VISI:

Menjadi institusi yang diakui baik secara nasional maupun internasiona dengan standar mutu yang tinggi dalam penyelenggaraan pendidikan Teknik Kimia dan penelitian.

MISI:

Untuk mencapai visi tersebut, Program Studi S-1 Teknik Kimia menetapkan misinya berdasar pada Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi:

  1.  Meningkatkan kualitas pendidikan sehingga menghasilkan sarjana yang mempunyai pengetahuan dasar dan keahlian teknik kimia dengan memperhatikan tuntutan terkini pasar kerja yang semakin kompetitif
  2.  Meningkatkan kualitas riset di bidang teknik kimia dan meningkatkan jumlah hak atas kekayaan intelektual dan publikasi pada jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional
  3.  Meningkatkan kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat melalui penyediaan layanan konsultasi, supervisi, dan pelatihan profesional keahlian teknik kimia.

TUJUAN:

Sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan, Program Studi S-1 Teknik Kimia UNDIP memiliki tujuan untuk menghasilkan sarjana teknik kimia yang mampu :

(A) Mampu menerapkan matematika, sains alam, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada proses, sistem pemrosesan, dan peralatan yang diperlukan untuk mengubah bahan baku menjadi produk yang mempunyai nilai tambah melalui reaksi kimia (A) Mampu menerapkan matematika, sains alam, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada proses, sistem pemrosesan, dan peralatan yang diperlukan untuk mengubah bahan baku menjadi produk yang mempunyai nilai tambah melalui reaksi kimia

(B) Mampu menemukan sumber masalah rekayasa pada proses, system pemrosesan, dan peralatan yang diperlukan untuk mengubah bahan baku menjadi produk yang mempunyai nilai tambah melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa

(C) Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa pada proses, sistem pemrosesan, dan peralatan yang diperlukan untuk mengubah bahan baku menjadi produk yang mempunyai nilai tambah. 

(D) Mampu merumuskan alternatif solusi untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada proses, sistem pemrosesan, dan peralatan yang diperlukan untuk mengubah bahan baku menjadi produk yang mempunyai nilai tambah dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan (environmental consideration)

(E) Mampu merancang proses, sistem pemrosesan, dan peralatan yang diperlukan untuk mengubah bahan baku menjadi produk yang mempunyai nilai tambah dengan pendekatan analitis dan mempertimbangkan standar teknis, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan.

(F) Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa di bidang proses, sistem pemrosesan, peralatan yang diperlukan untuk mengubah bahan baku menjadi produk yang mempunyai nilai tambah.

(G) Mampu untuk berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan

(H) Mampu untuk merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas didalam batasan-batasan yang ada

(I) Mampu untuk bekerja dalam tim lintas didiplin dan lintas budaya

(J) Memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

(K) Memiliki pemahaman tentang tanggung jawab profesi dan etika (L) Memiliki kemamuan untuk belajar sepanjang hayat