Program Studi Magister (S2)

Visi Program Studi

Sejalan dengan visi UNDIP yaitu menjadi universitas riset yang unggul pada tahun 2020, dan juga selaras dengan visi Fakultas Teknik  UNDIP menjadi salah satu fakultas yang dikenal dan diakui dalam skala nasional maupun internasional, dalam menghasilkan lulusan yang profesional dan kompetitif, serta menjadi fakultas riset  yang unggul pada tahun 2020, maka PMSTK UNDIP telah menetapkan visinya yaitu: “Pada tahun 2020 PSMTK UNDIP bereputasi di tingkat nasional dan internasional.”

Visi tersebut ditetapkan sebagai hasil rapat yang melibatkan dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan dan seluruh komponen stakeholder PMSTK UNDIP. Upaya-upaya untuk mewujudkan visi ini dijabarkan dalam misi PMSTK UNDIP, sedangkan program-program pelaksanannya dituangkan dalam rencana strategis (renstra) PSMTK UNDIP. Visi diatas juga sudah sejalan dengan visi dan misi Departemen Teknik Kimia yang menyelenggarakan program pendidikan S1, S2, dan S3 dalam bidang Teknik Kimia.

Misi Program Studi

Untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan, PSMTK UNDIP telah merumuskan misinya yang pada hakekatnya merupakan  pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ditunjang dengan sistem tatakelola yang baik (good governance) seperti berikut ini:

  1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif
  2. Menyelenggarakan penelitian berkualitas untuk menghasilkan publikasi nasional, internasional, hak kekayaan intelektual, dan paket teknologi.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam memecahkan persoalan dengan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui layanan konsultasi, pendampingan, dan pelatihan.
  4. Menyelenggarakan tatakelola yang baik (good governance) untuk menjamin kualitas, profesionalitas, kapabilitas, dan akuntabilitas.

TUJUAN PENDIDIKAN

Mengacu pada Jenjang Kualifikasi 8 yang diamanatkan oleh Peraturan Presiden RI No. 8 Tahun 2012 dan hasil penggalangan informasi dari stakeholder, dosen, mahasiswa, prodi dan universitas tersebut, maka tujuan  PSMTK UNDIP adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang berbudi pekerti luhur, berkarakter, berjiwa wirausaha, berkemampuan leadership dan komunikasi tinggi, berwawasan global, profesional dibidangnya, dan berdaya saing tinggi baik tingkat nasional maupun internasional,
  2. Menghasilkan penelitian yang bernilai saintifik tinggi pada tingkat nasional dan internasional, aplikatif, dan mampu meningkatkan daya saing bangsa,
  3. Menghasilkan suatu paket teknologi dan layanan masyarakat yang mampu memberikan kontribusi positif bagi percepatan dan pengembangan industri nasional maupun usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM),
  4. Menerapkan sistem pendidikan dengan tatakelola yang baik (good governance) demi menjamin tercapainya lulusan, penelitian, paket teknologi serta layanan masyarakat yang berkualitas.

Dari rumusan di atas terlihat bahwa tujuan utama PSMTK UNDIP yaitu: 1) peserta didik dalam bentuk penyelenggaraan pendidikan, 2) pengembangan IPTEK melalui kegiatan penelitian, 3) pengabdian masyarakat melalui aplikasi ilmu dan teknologi kimia untuk masyarakat, dan 4) sistem pengelolaan pendidikan dengan tata kelola yang baik (good governance).

  

SASARAN

Sasaran PSMTK UNDIP meliputi institusi dan segenap civitas akademika. Secara spesifik, sasaran PSMTK UNDIP adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualitas mahasiswa PSMTK UNDIP dengan syarat IPK minimal 3.00, TPA 400, dan TOEFL minimal 450
  2. Meningkatkan peringkat PSMTK UNDIP menjadi institusi pendidikan dan riset yang bereputasi internasional melalui program dual/joint degree, sistem transfer SKS (CTS), serta kerjasama riset dan publikasi dengan perguruan tinggi dari dalam dan luar negeri
  3. Meningkatkan daya saing lulusan di tingkat nasional maupun internasional yang ditunjukkan oleh besarnya gaji pertama dan pendeknya tenggang waktu untuk mendapatkan pekerjaan
  4. Meningkatkan jumlah lulusan yang mampu membuka wirausaha baru berbasis teknologi proses kimia
  5. Meningkatkan komposisi staf pengajar dengan jabatan fungsional guru besar minimal 50% (2020)
  6. Meningkatkan peran dosen dan mahasiswa dalam publikasi pada jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional, maupun karya yang dipatenkan/HKI
  7. Memperluas dan mengintensifkan jaringan kerjasama nasional dan internasional baik dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan penyelenggaraan kegiatan ilmiah.
  8. Meningkatkan perolehan dana hibah kompetitif maupun kerjasama untuk menjamin keberlanjutan kegiatan
  9. Meningkatkan kuantitas dan kualitas fasilitas sarana dan prasarana pendidikan, riset dan pengabdian
  10. Meningkatkan efisiensi manajemen dan sistem informasi

Sasaran-sasaran tersebut beserta strategi untuk mencapainya dituangkan dalam rencana strategis (renstra) PSMTK UNDIP yang disusun oleh Tim Teknis PSMTK UNDIP sebagaimana tersaji dalam dokumen resmi Renstra.