Home » Tentang Teknik Kimia

Tentang Teknik Kimia

Pada periode dasawarsa 1960-an, perkembangan industri termasuk industri kimia di Indonesia berlangsung dengan cepat. Perkembangan tersebut terjadi juga di Jawa Tengah khususnya di Semarang dan sekitarnya.

Hal ini menggugah gagasan Ir. Basit Wachid untuk membuka Pendidikan Teknik Kimia di Semarang. Bersama-sama dengan Ir. Nisyamhuri menjadikan terwujudnya gagasan pembukaan Pendidikan Teknik Kimia tersebut. Dengan persetujuan Rektor Universitas Diponegoro, waktu itu Prof. Sunaryo, SH., pada bulan Agustus 1965 dibuka Pendidikan Teknik Kimia yang menjadi bagian baru di Fakultas Teknik melengkapi bagian lain yang sudah ada, yaitu: Teknik Sipil dan Teknik Arsitektur. Mahasiswa angkatan pertama adalah 27 orang yang dipilih dari 340 calon.

Pada kurun waktu awal berdirinya bagian Teknik Kimia Universitas Diponegoro, jumlah dosen tetap yang membina bagian ini hanya 10 orang. Tenaga Dosen luar biasa yang berasal dari Bagian Teknik Kimia Universitas Gajah Mada Yogyakarta berjumlah 7 orang. Sedangkan tenaga dosen yang berasal dari bantuan instansi/perusahaan di Semarang dan sekitarnya berjumlah 10 orang. Tenaga pengajar lainnya untuk mata kuliah penunjang dibantu dari Fakultas Teknik serta fakultas lain di lingkungan Universitas Diponegoro sendiri.