Home » Program Double Degree Teknik Kimia Undip

Program Double Degree Teknik Kimia Undip

  • Program Double Degree Magister Teknik Kimia Undip

Era globalisasi abad ke-20 yang ditandai dengan kemajuan teknologi informasi, telah memberikan perubahan yang sangat revolusioner terhadap institusi pendidikan Teknik Kimia dan semua komponen stake holder-rnya (dosen, mahasiswa, alumni, masyarakat, industri, maupun instansi pemerintah terkait). Perubahan-perubahan yang nampak adalah tingginya syarat dan ketatnya persaingan mendapatkan pekerjaan bagi para lulusan, banyaknya universitas asing yang mendirikan cabang di Indonesia, issue internasionalisasi, perangkingan dan akreditasi universitas maupun program studi pada level nasional dan dunia, serta berubah-ubahnya arah kebijakan pemerintah di bidang pendidikan dalam 10 tahun terakhir (dari sentralisasi menjadi otonomi dan BHMN, serta BHMN berubah lagi menjadi BLU).

Semakin menjamurnya universitas membuka cabang di Indonesia di satu sisi merupakan peluang untuk mendapatkan mitra dalam pengembangan pendidikan (pengembangan kurikulum, metode pembelajaran, pertukaran dosen dan staf, credit transfer system, dual degree, sandwich, serta non-degree training), riset dan publikasi, aplikasi teknologi untuk industri terutama swasta asing, serta lapangan kerja bagi para lulusan. Namun di sisi lain, juga merupakan kompetitor kuat dalam menjaring mahasiswa yang berkualitas tinggi dan memiliki kemampuan finansial yang memadai, serta menjadi pesaing mendapatkan mitra/kerjasama/ pendanaan dari para lembaga donor dan industri (nasional dan asing).

Sementara itu, kebijakan Universitas Diponegoro untuk dapat mempertahankan posisi level 10 besar nasional dan 500-600 dunia dengan menjadi universitas riset telah memacu Program Studi Magister Teknik Kimia Undip untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, layanan pendidikan, fasilitas sarana dan prasarana terutama laboratorium riset dan pendidikan, manajemen, dan kerjasama nasional dan internasional. Pada akhirnya Program Studi Magister Teknik Kimia menjadi institusi yang sangat dikenal pada level Internasional dan bereputasi tinggi secara nasional.

Oleh karen itulah diperlukan adanya kerjasama real dengan institusi sejenis di luar negeri, sebagai upaya mempopulerkan Program Studi Magister Teknik Kimia Undip sebagai lembaga pendidikan pada level internasional. Adanya dual degree ini akan meningkatkan kualitas lulusan terutama dari Program Studi Magister Teknik Kimia Undip sehingga akan mampu bersaing pada level internasional, baik dalam menempuh karir setelah lulus maupun studi lanjut ke jenjang S3. Selain itu, adanya keberadaan mahasiswa asing di Program Studi Magister Teknik Kimia Undip juga meningkatkan reputasi institusi pada level internasional secara lebih nyata.

Program Kerjasama Double Degree yang Dilakukan

Kerjasama Double Degree atau Joint Degree telah dilakukan dengan institusi Teknik Kimia Perguruan Tinggi Luar Negeri, yaitu:

  • Department of Chemical Engineering, Pukyong National University, South Korea

Screen Shot 2014-03-26 at 12.06.32 PM

(http://www.pknu.ac.kr/usrEngIndex.do) MOU dan MOA telah disetujui oleh kedua institusi, ijin penyelenggaraan dari Bagian Pengembangan dan Kerjasama, DIKTI telah terbit.

Pada tahun 2013, mengirimkan 2 mahasiswa atas nama: Ayunda Nuradhistana Utomo, dan Gregorius Rio Nugroho Harvianto dengan beasiswa dari BPKL, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Nama yang terakhir (Gregorius Rio Nugroho Harvianto) langsung melakukan studi lanjut S3 (PhD) di Korea Selatan.

IMG_4016IMG_4940

 

Screen Shot 2014-03-26 at 12.06.44 PMMOU dan MOA telah disetujui, ijin ke DIKTI sedang dalam proses. Saat ini (Maret, tahun 2014, mengirimkan mahasiswa 4 orang (M. Januar Ashari, Albertus A. Sutanto, Agus R. Poerwoprajitno, dan Kartika), dengan beasiswa dari NTUST. Kesempatan masih terus tetap terbuka bagi yang berminat, beasiswa dari BPKLN juga masih terbuka lebar.

 

 

Screen Shot 2014-03-26 at 12.06.53 PMMOU telah disetujui, sedangkan MOA masih dalam proses. Program ini memberikan peluang bagi mahasiswa untuk menempuh dual degree di Belanda, dengan beasiswa dari University of Twente, atau pun BPKLN.

 

Prinsip-prinsip Kerjasama

Program Perluasan Kerjasama Internasional ini terdiri dalam berbagai bentuk, antara lain:

  • Program credit transfer system (CTS), merupakan program pengakuan bersama kredit matakuliah tertentu, sehingga dapat mengambil matakuliah tertentu di universitas luar negeri
  • Kerjasama penelitian, diharapkan memberikan dampak pengembangan dalam bidang ilmu.
  • Kerjasama Penyelenggaraan Seminar, Workshop, pertemuan ilmiah secara bersama.
  • Kerjasama penerbitan publikasi bersama karya ilmiah
  • Kerjasama pemanfaatan sumber daya dalam kegiatan akademik, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.
  • Pengiriman mahasiswa untuk studi lanjut dalam program Double Degree dengan pihak universitas luar negeri yang sudah menjalin kerjasama dengan pemberian beasiswa.