Utama » Program Studi Magister Teknik Kimia (S2)

Program Studi Magister Teknik Kimia (S2)

Program Studi Magister Teknik Kimia – Universitas Diponegoro (PSMTK UNDIP) merupakan program pendidikan akademik berjenjang S2 dalam bidang Teknik Kimia yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro. PSMTK UNDIP didirikan untuk memenuhi kebutuhan sumberdaya manusia yang berkualitas dan profesional di masa depan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknik kimia melalui penyelenggaraan riset dan penciptaan karya inovatif dan teruji, serta menerapkannya dalam memecahkan permasalahan dalam masyarakat melalui pendekatan inter/multi disipliner di tingkat nasional dan internasional. Internasionalisasi dalam penyelenggaraan pendidikannya melalui kerjasama di bidang pendidikan dan penelitian dengan institusi sejenis di mancanegara diharapkan dapat mempercepat PSMTK UNDIP dalam mencapai visinya sebagai program studi yang bereputasi pada tahun 2020.

PSMTK UNDIP berdiri berdasarkan Surat Ijin Penyelenggaraan (SIP) Dirjen Dikti Depdiknas RI No. 642/D/T/2005 tanggal 3 Maret 2005. Pada awal berdirinya, PSMTK UNDIP bernaung di bawah Program Pascasarjana Universitas Diponegoro sampai dengan akhir tahun 2012. Mulai tahun 2013, PSMTK UNDIP bernaung di bawah koordinasi Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

Seiring dengan berjalannya waktu, berbagai pembenahan dilakukan antara lain peningkatan kualitas staf pengajar, perbaikan sarana laboratorium, pembenahan sistem belajar mengajar, pembimbingan dan peningkatan luaran publikasi mahasiswa sebagai syarat kelulusan. Pada tahun 2010, jumlah staf pengajar S3 sudah mencapai angka 15 orang, sedangkan jumlah guru besar 4 orang. Pada tahun 2010 inilah untuk pertama kalinya PSMTK UNDIP diakreditasi dan mendapat status akreditasi B (Surat Keputusan BAN-PT No. 005/BAN-PT/AkVIII/S2/VI/2010). Hasil akreditasi ini berlaku 5 (lima) tahun sejak tanggal 24 Juni 2010 sampai dengan 24 Juni 2015. Pada akreditasi berikutnya di tahun 2015, PSMTK-UNDIP mendapatkan akreditasi A berdasarkan hasil keputusan BAN PT yang tertuang dalam SK No. 503/SK/BANPT/Akreditasi/M/V/2015 terhitung mulai 30 Mei 2015.

 

VISI DAN MISI


Visi: 

Sejalan dengan visi UNDIP yaitu menjadi universitas riset yang unggul pada tahun 2020, dan juga selaras dengan visi Fakultas Teknik UNDIP menjadi salah satu fakultas yang dikenal dan diakui dalam skala nasional maupun internasional, dalam menghasilkan lulusan yang profesional dan kompetitif, serta menjadi fakultas riset yang unggul pada tahun 2020, maka PMSTK UNDIP telah menetapkan visinya yaitu:

Pada tahun 2020 PSMTK UNDIP bereputasi di tingkat nasional dan internasional.”

Visi tersebut ditetapkan sebagai hasil rapat yang melibatkan dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan dan seluruh komponen stakeholder PMSTK UNDIP. Upaya-upaya untuk mewujudkan visi ini dijabarkan dalam misi PMSTK UNDIP, sedangkan program-program pelaksanannya dituangkan dalam rencana strategis (renstra) PSMTK UNDIP. Visi diatas juga sudah sejalan dengan visi dan misi Departemen Teknik Kimia yang menyelenggarakan program pendidikan S1, S2, dan S3 dalam bidang Teknik Kimia.

Misi : 

Untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan, PSMTK UNDIP telah merumuskan misinya yang pada hakekatnya merupakan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ditunjang dengan sistem tatakelola yang baik (good governance) seperti berikut ini:

  1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif
  2. Menyelenggarakan penelitian berkualitas untuk menghasilkan publikasi nasional, internasional, hak kekayaan intelektual, dan paket teknologi.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam memecahkan persoalan dengan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui layanan konsultasi, pendampingan, dan pelatihan.
  4. Menyelenggarakan tatakelola yang baik (good governance) untuk menjamin kualitas, profesionalitas, kapabilitas, dan akuntabilitas.

 

PROFIL LULUSAN


Lulusan PSMTK UNDIP memiliki IPK rata-rata 3,50 (dari 4,00) dengan rata-rata masa studi 1 tahun 10 bulan. Mahasiswa PSMTK UNDIP berpeluang untuk mengikuti Double Degree atau Joint Degree pada program pendidikan S2 (master/magister) di universitas mitra di dalam dan luar negeri. Hingga saat ini, PSMTK UNDIP telah menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas dan sukses dalam berbagai bidang profesi, seperti :

  1. Dosen, sebagai pelaksana pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan, hukum, dan kode etik, serta nilai-nilai agama dan etika yang berlaku, dan memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa .
  2. Peneliti, sebagai perumus dan pembuat rencana kegiatan penelitian, melakukan penelitian, menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, dan memupuk perkembangan kehidupan ilmiah pada taraf nasional dan internasional.
  3. Konsultan, sebagai pemberi nasihat kepada pemerintah, industry dan masyarakat luas berdasarkan kepakarannya dalam bidang teknik kimia yang mencakup analisis kebutuhan dan permasalahan, perencanaan, pelaksanaan, operasi, pemeliharaan dan manajemen.
  4. Manajer yang mempunyai visi yang sejalan dengan visi organisasi dan jiwa kepemimpinan sehingga mampu mengkoordinasi para bawahannya untuk melakukan berbagai aktivitas pekerjaan dalam upaya mencapai tujuan organisasi yang dipimpinnya.
  5. Birokrat, sebagai pegawai yang ditunjuk dan diangkat oleh pemerintah untuk menghubungkan kepentingan masyarakat dengan kepentingan negara.
  6. Wirausahawan yang mempunyai kemampuan entrepreneurship untuk mengembangkan kegiatan wira usaha mandiri dalam sektor bisnis tertentu (sesuai bidang keahliannya)

 

KERJASAMA


Dalam rangka mencapai mencapai visinya menjadi program studi bereputasi nasional dan internasional sekaligus mendapatkan status akreditasi A, PSMTK UNDIP terus melakukan pembenahan pada berbagai bidang, salah satunya adalah dengan menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi dari dalam dan luar negeri.

Kerjasama telah dilakukan dengan beberapa perguruan tinggi mitra, seperti:

  • NTUST Taiwan (rangking 300 Dunia)
  • Pukyong National University Korea
  • Asian Institute of Technology Thailand
  • Seoul National University Korea
  • Universiti Teknologi Malaysia

Sejauh ini PSMTK UNDIP telah mengirim 8 mahasiswa ke 3 universitas mitra luar negeri atas beasiswa dari mereka, dan ada juga beasiswa dari BPKLN KemenristekDikti dengan program Unggulan. Kerjasama dengan beberapa universitas di dalam negeri juga telah dilakukan antara lain dengan Universitas Tidar, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Udayana dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta . Kerjasama dengan perguruan tinggi dalam negeri ini, untuk memberikan fasilitas dan akses bagi lulusan yang berprestasi dari perguruan tinggi tersebut untuk menempuh pendidikan magister di PSMTK UNDIP.

Luaran tambahan dari tesis mahasiswa juga telah ditingkatkan dengan menghasilkan publikasi dalam jurnal ilmiah internasional bereputasi yang terindeks di SCOPUS dan Web of Science/Clarivate Analysis, Jurnal Nasional Terakreditasi, dan Pendaftaran Paten Indonesia. Selain itu, mahasiswa bersama dosen pembimbing juga aktif menjadi penyaji makalah pada seminar nasional dan internasional. Bahkan setiap tahun ada 2-3 dosen diundang menjadi invited speaker, keynote speaker atau visiting lecturer pada universitas dalam dan luar negeri.

 

KONTAK KAMI


Untuk informasi detail silakan hubungi:
Program Studi Magister Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Kampus Undip Tembalang, Semarang
Website: http://www.tekim.undip.ac.id
E-mail: pasca_tk@undip.ac.id atau andrewkomoro@che.undip.ac.id
Tel: (024) 7460058, Fax: (024) 76480675