Utama » PROFIL LULUSAN

PROFIL LULUSAN

Profil Profesional Mandiri Program Studi teknik Kimia Universitas Diponegoro merupakan cerminan kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh lulusan setelah lima tahun bekerja sebagai lulusan sarjana teknik kimia yaitu:

  1. Berkembang dalam profesinya dengan mempraktekkan prinsip-prinsip dan pendekatan berbasis Teknik Kimia dengan selalu menjunjung tinggi keselamatan, kelestarian lingkungan dan etika profesi,
  2. Menjadi individu yang efektif dan tangguh dengan karakter kepemimpinan di dunia kerjanya,
  3. Menjadi individu yang berkembang dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di dalam bidang rekayasa, sains, bisnis, maupun bidang-bidang studi yang lainnya, di sertifikasi atau pelatihan profesi, dan secara aktif terlibat dalam kegiatan pengembangan profesi dalam pekerjaannya.

Lulusan Teknik Kimia Universitas Diponegoro dapat bekerja di berbagai bidang yang meliputi antara lain :

  1. Process EngineerĀ 

Sarjana Teknik Kimia sebagai process engineer, penguasaan skill dan pengetahuan tentang dalam inovasi process merupakan hal yang sangat diperlukan. Seiring dengan pesatnya perkembangan produksi fine chemicals, dimana customer satisfaction merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu design, maka rekayasa proses dan rekayasa produk merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan.

  1. Product Developer

Sarjana Teknik Kimia sebagai product developer, penguasaan skill dan pengetahuan tentang dalam inovasi process and product design merupakan hal yang sangat diperlukan. Untuk mendapatkan bahwa suatu produk dapat diterima oleh pengguna (consumer), maka konsep technology push dan market pull perlu dipelajari oleh seorang Sarjana Teknik Kimia dalam lingkup mata pelajaran product design.

  1. Akademisi

Lulusan/Sarjana Teknik Kimia tidak terbatas pada industri kimia, akan tetapi harus mampu menjadi seorang pendidik ataupun trainer di instansi pendidikan (akademis). Dalam profil ini, seorang Sarjana Teknik Kimia harus mampu mengaplikasikan ilmu-ilmu dasar teknik kimia dan juga mampu merumuskan permasalahan teknik kimia. Selanjutnya ilmu-ilmu tersebut diberikan ke anak didik. Untuk menunjang profil ini, kompetensi lain untuk selalu mengetahui isu-isu kontemporer perlu dimiliki bagi seorang pendidik.

  1. Researcher

Bidang penelitian dan pengembangan (R&D) merupakan bagian terpenting dari suatu industri dalam menghadapi persaingan global. Perbaikan proses, produk, dan pembuatan produk baru merupakan tugas dari seorang Sarjana Teknik Kimia sehingga keahlian dalam analisis dan riset dalam bidang tersebut merupakan hal yang penting untuk dimiliki seorang Sarjana Teknik Kimia sebagai peneliti. Keahlian tersebut sangat penting bagi lulusan yang akan bekerja di Contract Research Company, selain kemampuannya dalam menangani manajemen proyek.

  1. Leader

Untuk bekerja dalam suatu industri kimia, seorang Sarjana Teknik Kimia harus mampu menunjukkan kemampuannya sebagai seorang pemimpin (leader). Hal ini bisa ditunjukkan dalam memimpin operator di pabrik, maupun di suatu group penelitian. Sebagai seorang pemimpin maka lulusan ini harus mempunyai kemampuan dalam berkomunikasi secara efektif, dan memahami inovasi dalam bidangnya beserta mengetahui isu-isu kontemporer sehingga mempunyai wawasan yang luas dalam mengarahkan anak buahnya.

  1. Entrepreneur

Dalam kaitannya dengan kesediaan lapangan kerja dan globalisasi, seorang Sarjana Teknik Kimia memerlukan mental entrepreneurship sehingga dengan bekal ilmu teknik kimia diharapkan seorang Sarjana Teknik Kimia dapat mandiri dalam hal pekerjaan maupun dalam menghadapi persaingan dengan Sarjana Teknik Kimia dari luar negeri. Untuk menjadi seorang entrepreneur, lulusan harus mempunyai kemampuan dan keterampilan dalam bidang teknik kimia dan mampu mengkomunikasikan kemampuan dan produk yang dihasilkannya kepada orang lain. Untuk selalu berkarya, seorang entrepreneur harus selalu mengetahui isu-isu terkini terutama dalam bidang yang ditekuninya. Selain itu, kemauan untuk selalu belajar dan berkarya menjadi suatu keharusan agar usaha yang ditekuninya tetap bertahan.

  1. Analyst

Untuk menjadi seorang analis baik di laboratorium maupun analist di bidang lingkungan, seorang Sarjana Teknik Kimia harus mempunyai kemampuan dalam penguasaan ilmu-ilmu dasar teknik kimia, sedangkan kemampuan pendukung lainnya yaitu harus mampu mengkomunikasikan hasil analisisnya kepada orang lain (user).

  1. Sales Marketing

Untuk menjadi seorang sales di bidang produk-produk kimia, seorang Sarjana Teknik Kimia harus mempunyai kemampuan dalam penguasaan ilmu-ilmu dasar teknik kimia, sedangkan kemampuan pendukung lainnya yaitu harus mampu mengkomunikasikan hasil produknya kepada orang lain (user).