Utama » KURIKULUM PROGRAM STUDI MAGISTER TEKNIK KIMIA

KURIKULUM PROGRAM STUDI MAGISTER TEKNIK KIMIA

Kurikulum pendidikan yang diselenggarakan oleh PSMTK UNDIP dirancang untuk menghasilkan lulusan dengan pengetahuan ilmu dasar Teknik Kimia yang lebih dalam, mampu mempublikasikan atau mengkomunikasikan karyanya di tingkat nasional dan internasional, memiliki pengetahuan khusus sesuai dengan bidang peminatannya, dan kompetensi tambahan berupa keterampilan umum dan keterampilan intrapersonal. Berbekal kemampuan akademik dan non-akademik tersebut, lulusan PSMTK UNDIP diharapkan lebih mudah dan luwes dalam mengembangkan diri di masa depan, baik dengan bekerja atau studi lanjut. Kurikulum dirancang dengan 4 (empat) bidang peminatan yaitu: Teknologi Energi (Energi Terbarukan), Teknologi Pangan, Teknologi Material dan Katalis, dan Teknologi Kelestarian Lingkungan.

Untuk memperluas akses belajar bagi masyarakat, kurikulum PSMTK UNDIP diterapkan dengan 2 (dua) skema, yaitu: Program Reguler dan Program Lintas Disiplin (bagi mahasiswa bukan lulusan sarjana (S1) Teknik Kimia). Kedua skema program tersebut menganut Jalur Perkuliahan dan Penelitian (Coursework and Research). Mahasiswa yang mengambil skema lintas disiplin wajib mengikuti program matrikulasi yang mencakup 17 SKS (bagi lulusan S1 non teknik kimia). Jumlah SKS yang harus ditempuh untuk program matrikulasi dan program penyetaraan kemampuan akademik ditetapkan oleh PSMTK UNDIP berdasarkan pada laporan hasil pembelajaran/transkrip calon mahasiswa selama pendidikan sarjana (S1), kurikulum S1 Teknik Kimia UNDIP, dan kurikulum PSMTK UNDIP. Matrikulasi dan Bridging Program dilakukan sebelum seorang mahasiswa mengikuti perkuliahan wajib di PSMTK UNDIP. Pada hakekatnya, mahasiswa PSMTK UNDIP yang bukan lulusan sarjana (S1) Teknik Kimia harus memiliki bekal yang cukup untuk mengikuti program pendidikan magister di PSMTK UNDIP.

 

KURIKULUM PROGRAM REGULER

KURIKULUM PROGRAM LINTAS DISIPLIN

MATA KULIAH PILIHAN

STAFF PENGAJAR

Program Studi Magister Teknik Kimia Undip memiliki 26 staf pengajar dengan kualifikasi profesor (12 orang) dan doktor (14 orang).

  1. Prof. Dr. Ir. Bambang Pramudono, MS.
  2. Prof. Dr. Ir. Purwanto, DEA.
  3. Prof. Dr. Ir. Bakti Jos, DEA.
  4. Prof. Dr. Ir. Abdullah, MS.
  5. Prof. Dr. Ir. Budiyono, MSi.
  6. Prof. Dr. rer.nat. Heru Susanto, ST, MM, MT.
  7. Prof. Dr. Istadi, ST, MT.
  8. Prof. Dr. Andri Cahyo Kumoro, ST, MT.
  9. Prof. Dr. Hadiyanto, ST, M.Sc.
  10. Prof. Dr. M. Djaeni, ST, M.Eng.
  11. Prof. Dr. Widayat, ST, MT.
  12. Prof. Dr. Tutuk Djoko Kusworo, ST, M.Eng.
  13. Dr. Ir. Setia Budi Sasongko, DEA.
  14. Dr. Ir. Ratnawati, MT.
  15. Dr. Ir. Didi Dwi Anggoro, M. Eng.
  16. Dr. I Nyoman Widiasa, ST, MT.
  17. Dr. nat.tech. Siswo Sumardiono, ST, MT.
  18. Dr.Ing. Suherman, ST, MT.
  19. Nita Aryanti, ST, MT, Ph.D.
  20. Dyah Hesti Wardhani, ST, MT, Ph.D.
  21. Dr.-Ing. Silviana, ST, MT.
  22. Dr. Aji Prasetyaningrum, ST, MT.
  23. Dr. Luqman Buchori, ST, MT.
  24. Dr. Aprilina Purbasari, ST, MT.
  25. Dr. Ir. Hargono, MT.
  26. Dr. Ir. Nur Rokhati, MT.