Headlines »

28/11/2019 – 13:29 |

kartu ujian ang.2017 sem gasal 2019-2020-min

Baca keseluruhan artikel »
Latest News
Info beasiswa
Info seminar
Info lowongan kerja
Prestasi Teknik Kimia
Utama » Berita Tarbaru

Beasiswa Sobat Bumi

Artikel dikirim oleh pada 27/03/2019 – 08:51

Anugerah Riset Sobat Bumi adalah suatu bentuk penghargaaan yang diberikan oleh Pertamina Foundation kepada mahasiswa pasca sarjana, praktisi atau pakar maestro yang melakukan riset untuk Disertasi, Penelitian Mandiri dan Pengabdian Masyarakat dengan topik yang terkait dengan pilar Pembangunan Berkelanjutan, yaitu Ekologi/Alam, Sosial Budaya, Ekonomi, dan Kesejahteraan. Penerima Anugerah Riset Sobat Bumi secara otomatis akan menjadi anggota Komunitas Periset Sobat Bumi yang berkewajiban membentuk karakter Generasi Sobat Bumi.

Anugerah Riset Sobat Bumi terdiri atas 2 (dua) program pemberian penghargaan, yakni Anugerah Riset dan Anugerah Pengabdian Masyarakat. Anugerah Riset diberikan kepada pemenang proposal kategori Disertasi, dan Penelitian Mandiri, sedangkan Anugerah Riset kategori Pengabdian Masyarakat diberikan kepada pemenang proposal Pengabdian Masyarakat. Proposal kategori Pengabdian Masyarakat juga dapat diusulkan oleh masyarakat umum yang bermaksud melaksanakan program pengabdian masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan terkait energi terbarukan, seperti pengelolaan sampah, limbah, serta permasalahan-permasalahan lainnya. Dalam pelaksanaannya, Anugerah Pengabdian Masyarakat tetap harus melibatkan unsur riset (research based).

Tema Anugerah Riset Sobat Bumi 2014 adalah Mewujudkan Riset dan Pengabdian Masyarakat Sebagai Gerakan Sosial Sobat Bumi. Kriteria umum penerima Anugerah Riset Sobat Bumi adalah terpadunya pilar-pilar Pembangunan Berkelanjutan dalam Riset kategori Penelitian maupun kategori Pengabdian Masyarakat yang akan dilakukan. Pilar-pilar ini adalah Ekologi/Alam (Nature), Sosial Budaya (Society), Ekonomi (Economy), dan Kesejahteraan (Well-being).

Anugerah Riset Sobat Bumi pertama kali dilaksanakan pada tahun 2013. Ribuan pelamar mengirimkan proposal ke Pertamina Foundation dan terpilih 56 periset yang memenangkan Anugerah Riset Sobat Bumi. Dari 56 periset, sejumlah 40 adalah riset kategori penelitian berupa Tugas Akhir (TA/Skripsi), Tesis, dan Desertasi, dan sejumlah 16 adalah riset kategori pengabdian masyarakat. Penerima Anugerah Riset Sobat Bumi 2013 bervariasi dari mahasiswa, aktivis lingkungan, hingga guru besar dengan topik yang bervariasi. Di akhir tahun 2013, terpilih 3 periset dari sejumlah 56 periset untuk menerima penghargaan dari PT. Pertamina (Persero) karena ketiga riset tersebut dinilai paling baik dalam mengintegrasikan pilar-pilar Pembangunan Berkelanjutan serta penggalangan sinergi multipihak. Pada tahun 2014 ini, Anugerah Riset Sobat Bumi ini akan diberikan kepada periset dengan total dana sebesar 1,3 Miliyar.

Proses pendaftaran dimulai dengan submit proposal deskripsi riset atau pengabdian masyarakat, jika lulus tahap seleksi administrasi dan substansi akan diminta untuk presentasi seminar proposal di depan dewan juri yang kompeten dan independen.

Petunjuk/panduan pendaftaran dapat di lihat di link bawah ini :

“Petunjuk Pelaksana Anugerah Riset Sobat Bumi 2014”

Informasi terkait juga bisa baca Media Kompas di SINI