Headlines »

13/11/2017 – 14:48 |

Semarang, tekim.undip.ac.id – The 24th Regional Symposium on Chemical Engineering (RSCE 2017) will be held on 15-16 November 2017 in Semarang City, Indonesia. The symposium is organized by the Chemical Engineering of Diponegoro University, Indonesia …

Read the full story »
Berita Terbaru
Info Beasiswa
Info Seminar
Info Lowongan Kerja
Prestasi Teknik Kimia
Home » Berita Terbaru

“Yodicare”, Inovasi Plester Luka dari Ekstrak Tanaman Yodium Karya Mahasiswa Teknik Kimia Undip

Submitted by on 10/06/2016 – 09:53

 

Yodicare

Pohon yodium dengan nama latin Jatropha multifida merupakan salah satu tanaman yang berpotensi sebagai tanaman obat tradisional. Getah pohon yodium dimanfaatkan sebagai obat luka luar oleh masyarakat dengan cara meneteskannya pada bagian tubuh yang terluka. Hal tersebut dilakukan oleh masyarakat karena getah pohon yodium dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Nwokocha et al., getah pohon yodium mengandung senyawa organik berupa tannin dan flavonoid. Tannin berfungsi untuk menstimulasi pertumbuhan kolagen yang mana dapat mempercepat penyembuhan luka. Sedangkan flavonoid merupakan zat antimikroba.

Empat orang mahasiswa S-1 Teknik Kimia Undip beranggotakan Dyah Arum Kusumaningtyas sebagai ketua, Farida Diyah Hapsari, Said Abdillah dan Hermawan memberikan inovasi berupa pemanfaatan getah Pohon Yodium untuk dijadikan  plester luka. Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan nilai guna dari getah pohon yodium. Selain itu, pengaplikasin getah pohon yodium pada plester luka dinilai  lebih praktis dan efisien dibandingkan dengan meneteskan getahnya secara langsung. Kedepannya, diharapkan plester ini dapat diuji secara dermatologis maupun pengujian kelayakan lainnya sehingga dapat diproduksi secara masal dan digunakan oleh masyarakat Indonesia secara luas.