Headlines »

13/11/2017 – 14:48 |

Semarang, tekim.undip.ac.id – The 24th Regional Symposium on Chemical Engineering (RSCE 2017) will be held on 15-16 November 2017 in Semarang City, Indonesia. The symposium is organized by the Chemical Engineering of Diponegoro University, Indonesia …

Read the full story »
Berita Terbaru
Info Beasiswa
Info Seminar
Info Lowongan Kerja
Prestasi Teknik Kimia
Home » Berita Terbaru, Highlight

Undip Raih Predikat BLU Terbaik Peringkat Dua

Submitted by on 30/01/2014 – 06:13
undip logo

Semarang, undip.ac.id – Undip kembali menorehkan prestasi tingkat nasional dengan meraih Peringkat ke dua sebagai Satuan Kerja yang memiliki kinerja Badan Layanan Umum. Berdasarkan Siaran Berita yang dikeluarkan oleh UPT Humas Undip, Kampus Tembalang (Penilaian tersebut Berdasarkan keputusan Direktur Pembinaan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU), Kementerian Keuangan , Nomor KEP 201/PB.5/2013 tentang penetapan hasil penilaian kinerja satuan kerja Badan Layanan Umum bidang layanan pendidikan tahun 2012 tanggal 31 Desember 2013) yang  menempatkan Undip pada peringkat ke dua dari 22 PTN yang merupakan PK-BLU bidang pendidikan.

Penilaian layanan tersebut meliputi aspek keuangan yang berkaitan dengan kepatuhan pengelolaan keuangan diantaranya meliputi aspek penyusunan Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA), penyusunan dan penyampaian laporan keuangan, tarif layanan, sistem akuntansi, pengelolaan barang inventaris, pengelolaan utang dan piutang, pengadaan barang dan jasa. Selain itu juga penilaian terhadap rasio keuangan yang terdiri dari rasio kas, rasio lancar, periode penagihan piutang, perputaran aset tetap, imbalan ekuitas dan rasio Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) terhadap biaya operasional

Sedangkan aspek layanan meliputi kualitas pelayanan pendidikan dan penilaian terhadap mutu dan manfaat kepada masyarakat.  Skor aspek keuangan adalah 22.62, sedangkan skor layanan mencapai 61.20, total skor 83.46, hanya sedikit dibawah Universitas Terbuka (UT) yang menempati peringkat pertama dengan skor 83,73, dengan skor tersebut hanya UT dan Undip memperoleh predikat AA-Baik.

Rektor Prof Sudharto P. Hadi menyatakan syukur atas capaian tersebut. Ia mengatakan bahwa “keberhasilan ini akan menjadi modal berharga dalam mempersiapkan diri menjadi PTN Badan Hukum”.

“Prestasi ini merupakan pengakuan atas kinerja manajemen khususnya dalam bidang keuangan dan diharapkan melalui prestasi ini akan mendorong bagian yang  untuk terus meningkatkan kinerja lebih baik” tandasnya.